Minggu Pertama KKLP Unisan, Mahasiswa Mulai Ciptakan Inovasi Pengembangan UKM

  • Whatsapp

GORONTALO RAYA-Untuk memperkuat ilmu pengetahuan perguruan tinggi maka setiap dunia pendidikan tinggi wajib melaksanakan pengaplikasian di lapangan ataupun di tengah masyarakat yang di anggap perlu dorongan disiplin ilmu yang telah diserap oleh mahasiswa selama di perguruan tinggi.

Minggu pertama berjalan Kuliah Kerja Lapangan Pengabdian (KKLP) di kecamatan Botumoito, Kabupaten Boalemo, Mahasiswa Universitas Icsan (Unisan) Gorontalo kini mulai melakukan Inovasi Program Inti berupa pengembangan UKM yang diintegrasikan dengan teknologi (Technopreneurship).

Bacaan Lainnya

Tak tanggung-tanggung, beberapa komoditi utama yang ada pada desa di seluruh kecamatan Botumoito disulap menjadi sebuah produk unik yang sebelumnya belum terpikirkan oleh masyarakat. Tak hanya itu, KKLP ini menekankan kepada seluruh peserta agar dapat menghasilkan produk dari bahan tak bernilai menjadi produk yang bernilai jual tinggi.

Seperti yang terjadi di Desa Botumoito. Mereka mengolah jantung pisang menjadi olahan keripik jantung pisang crispy yang tentunya dengan modal minim tapi dapat menghasilkan profit yang besar. Selain Botumoito, Desa Bolihutuo nampaknya juga menjadikan Buah Kelapa sebagai keripik.

Hal ini pun mendapat apresiasi dari Camat Botumoito, Jefri Kaluku. Saat menerima para mahasiswa peserta KKLP, Jefri menyatakan kesiapanya untuk mendukung seluruh program yang akan dilakukan oleh mahasiswa selama sebulan di Kecamatan Botumoito.

” Saya ucapkan Terima kasih buat teman-teman Mahasiswa yang akan mengabdi selama sebulan. Insyaallah segala program yang akan dilaksanakan akan kami dukung sepenuhnya,” kata Jefri.

OBSERVASI MINGGU PERTAMA MAHASISWA KKLP ICHSAN GORONTALO DI DESA RUMBIA

Senada, koordinator Kecamatan KKLP angkatan XXIV, Sukri Manyoe, mengucapkan terima kasih kepada pemerintah kecamatan dan desa yang sudah menerima mahasiswa KKLP Unisan di kecamatan Botumoito.

Dirinya juga berhaarap kepada seluruh mahasiswa KKLP yang akan melaksanakan kegiatan KKLP selama sebulan agar tidak meninggalkan permasalah di desa “saya harap dengan adanya kegiatan ini, lebih bisa mempererat silaturahmi kalian mahasiswa dan mayarakat desa,” tukasnya.

ANTO/ARIF

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *