Dinas Pangan Boalemo Prioritaskan Program Jelajah Pekarangan Warga (JPW),ini Kata Didin Lamusu

  • Whatsapp

Gorontalo Raya-Dinas Pangan Kabupaten Boalemo dengan program prioritas ‘menuju Boalemo sejuta pohon Buah’dengan hal itu dinas tersebut selalu melihat potensi bibit pohon buah yang sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam jangka waktu panjang.

Kepala Dinas Pangan Kabupaten Boalemo,Didin Lamusu menyampaikan bahwa” saat ini dinama kami memiliki program prioritas Jelajah Pekarangan Warga (JPW) adalah meliputi kegiatan Sosialisasi, monitoring,  evaluasi dan edukasi terhadap program Boalemo Mo Pomulo, Pemanfaatan Olahan Pangan Lokal dan  Gerakan 1 Momen 1 Pohon”Ungkap Kadis Didin

Bacaan Lainnya

Dalam rangka Optimalisasi Lahan Pekarangan yang tujuan Utamanya adalah menjadikan Lahan Pekarangan sebagai penghasil Bahan² Pokok berupa Rica, Tomat, Bawang, Sayuran, Umbi²an, bahkan buah²an, untuk konsumsi keluarga dan sebisa mungkin untuk menambah pendapatan Rumah Tangga.

Dengan turunan program di atas Sehingganya  Jelajah Pekarangan Warga   yang bertujuan untuk lebih menggelorakan

1. Gerakan Boalemo Mo Pomulo, menyediakan pangan segar dengan menanam komoditi rica, tomat, bawang, sayuran untuk kebutuhan rumah tangga dengan memanfaatkan halaman dan pekarangan;

2. Gerakan Pemanfaatan Olahan Pangan Lokal, Memasyarakatkan Gerakan Konsumsi Pangan Lokal yakni, olahan pangan lokal berupa kuliner  berciri khas lokal (mis; Popolulu, Sabongi, Kala², Nagasari, Bubur Sada, Milu Siram dll.

Berharap  Pimpinan SOPD agar memanfaatkan pilihan produk olahan pangan lokal tersebut, dalam setiap kegiatan.

Maka melalui Gerakan I Momen I Pohon, mengajak masyarakat melestarikan alam melalui gemar menanam Untuk penyediaan tanaman buah dalam jangka menengah dan sebagai pohon pelindung.

Sebagai dinas yang mengwilayahi pangan daerah Boalemo,sangat berharap” agar Jajaran Pemerintah Daerah hingga Desa, baik  ASN maupun PTT. menjadi pelopor dalam gerakan menanam pohon di Pekarangan”ucap Kadis Pangan

Sehingga Program tersebut memiliki tujuan membangun dan mengembangkan Kawasan Pangan Terpadu yang lestari dan berkelanjutan dengan harapan  kedepan Kabupaten Boalemo menjadi salah satu daerah penghasil beragam buah, sehingga akan menumbuhkan pusat ekonomi baru  dan meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat di Kabupaten Boalemo.

Akhirnya sangat diharapkan agar kegiatan Jelajah Pekarangan Warga   mendapatkan respon dari semua pihak. Sebagai wujud dalam mendukung program pemerintah pusat untuk penanganan stunting,Penanganan wilayah rentan rawan pangan dan kiranya dapat bermanfaat bagi kita semua terutama bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat  dalam rangka suksesnya  Program Boalemo Damai Bertasbih.

PENULIS: ANTO

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *